CIGO ( CIlok Goang) new cilok


PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN

PENJUALAN CILOK GOANG

DIAJUKAN

UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN





DISUSUN OLEH :

Annissa Fatmawati Sarip ( 3163311018 )

M. Kahfi Fathurrizqi ( 3163311011)

Rendi Arya Darmatama ( 3163311010)

Arga Trilaksono Ardi ( 3163311041 )

Teguh Virgiawan Bimantara ( 3163311015 )



D3 BAHASA JEPANG

FAKULTAS HUMANIORA

UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH. No.21 Telp. (0274) 379204 Yogyakarta 55165
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dan pada kami khususnya sehingga dapat menyelesaikan tugas proposal ini.
Tugas ini dapat terlaksana Karena adanya dukungan baik material maupun spiritual dari semua pihak yang telah membantu kelancaran tugas ini. Oleh Karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu menyelesaikan tugas ini. Dan kepada bapak dosen mata kuliah kewirausahaan, di Jurusan D3 Bahasa jepang, Fakultas Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta tidak lupa kami berterima kasih.
Besar harapan agar proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan koreksi selanjutnya. Apabila dalam penyusunan proposal ini terdapat kesalahan maupun kerancuan baik dalam bahasa maupun tulisan kami, kami meminta maaf. Kritik dan saran yang membangun dari pembaca akan sangat kami nantikan yang nantinya akan berguna dan sebagai motivasi bagi kami untuk kedepannya agar lebih baik lagi . Terima kasih.

Yogyakarta, 25 April 2018








DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………….. 1
Daftar Isi ……………………………………………………………………….2
BAB I Pendahuluan ……………………………………………………………4
1.1  Latar belakang pemilihan jenis usaha………………………………4
1.2  Konsep bisnis……………………………………………………….4
BAB II Deskripsi Usaha ……………………………………………………….5
2.1  Ukuran, Kelas, Klasifikasi, Jenis usaha ……………………………5
2.2  Prospek usaha ……………………………………………………...5
BAB III RENCANA BISNIS ………………………………………………….6
3.1  Ide Usaha …………………………………………………… …….6
3.2  Visi misi ……………………………………………………………6
3.3  Rencana tanggal buka usaha …………………………………….…6
BAB IV IDENTIFIKASI USAHA …………………………………………….7
4.1  Profil & Pemilik usaha …………………………………………..…7
4.2  Perijinan …………………………………………………………….7
4.3  Ruang Lingkup Usaha ……………………………………………...7
BAB V ANALISI USAHA …………………………………………………….8
5.1  Analisis Usaha ……………………………………………………...8
5.2  Modal Usaha ………………………………………………………..8
5.3  Kelebihan & Keunggulan produk …………………………………..8
BAB VI RENCANA PRODUKSI………………………………………………9
6.1  Target produksi ………………………………………………..……9
6.2  Bahan baku & penggunaannya …………………………… …… …9
BAB VII RENCANA PERMODALAN ………………………………………11
7.1  Penjelasan Estimasi modal usaha ………………………………….11
7.2  Penjelasan Estimasi penjualan …………….………………………12
7.3  Estimasi keuntungan ………………………………………………12
BAB VIII RENCANA PEMASARAN ……………………………………….13
8.1  Pemilihan nama & merek ……………………………………….13
8.2  Pembentukan harga  & segmentasi ……………………………...13
8.3  Lokasi tempat usaha …………………………………………......13
8.4  Promosi ………………………………………………………….13
BAB IX Analisis SWOT ……………………………………………………14
BAB X KESIMPULAN …………………………………………………….15

















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Pemilihan Jenis Usaha
Semakin menjalarnya dunia kuliner yang beragam di Indonesia, mulai dari makanan khas sunda, makanan khas tegal dan lain sebagainya. Kami ingin memperkenalkan makanan yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat. Meskipun dijual di kota lain, tapi cita rasa dari makanan ini tetap khas dan membuat banyak konsumen ketagihan. Berawal dari salah satu anggota yang dulunya pernah berjualan makanan ini juga, kami ingin memperkenalkannya lebih luas lagi. Makanan ini adalah “Cilok Goang”. Cilok goang sendiri adalah makanan tradisional masyarakat Jawa Barat. Cilok goang yang akan kita jual berbeda dari cilok yang kini banyak dijual di pasaran. Cita rasa kuahnya yang khas dan juga kental serta aroma khas dari kenduri adalah yang akan menjadi nilai tambah dari makanan ini.

1.2  Konsep Bisnis
Konsep dari bisnis ini sendiri adalah membuat konsumen puas dengan cita rasa khas yang ada di makanan yang kami buat. Setiap cilok yang akan dijual sebelumnya dimasak terlebih dahulu, lalu dipersiapkan untuk dijual. Tapi agar cilok tetap dalam kondisi hangat, jadi kami memisahkan antara bumbu dan ciloknya sendiri. Supaya konsumen pun bisa menikmati cilok nikmat dan puas.








BAB II
DESKRIPSI USAHA
2.1  Ukuran, Kelas, Klasifikasi, Jenis usaha
·         Ukuran                  : untuk ukuran dari produk kami, sama seperti ukuran cilok pada umumnya. Berbntuk bulat dan ukurannya kecil.
·         Kelas                     : pemula
·         Klasifikasi             : makanan
·         Jenis usaha            : kuliner

2.2  Prospek usaha
Ingin menciptakan cita rasa yang khas yang selalu diingat banyak orang, itu tujuan utama usaha kami. Untuk kedepannya kami tidak mengharapkan lebih untuk usaha kami. Setidaknya, dengan diterimanya makanan yang kami buat dan para konsumen merasa puas, maka tujuan utama dari prospek usaha kami telah tercapai. Karena kami benar-benar ingin menyajikan cita rasa yang khas bagi para konsumen.










BAB III
 RENCANA BISNIS
3.1  Ide Usaha
Ide usaha ini bermuncul dari salah satu teman kami yang dulunya pernah tinggal di Ciamis, Jawa Barat. Dia mencetuskan untuk membuat usaha kuliner yang berasal dari Ciamis. Makanan yang dia cetuskan pertama kali memang terdengar aneh. Karena di Jogja sendiri, memang sudah banyak orang berjualan cilok. Tapi, cilok yang biasa saja tidak ada kreasi apapun. Dan rasanya hanya monoton tidak mempunyai ciri khas yang lebih. Sebelumnya, teman saya ini juga sudah memulai usaha kecil-kecilan seperti berjualan “Beledag”. Beledag ini juga makanan daerah dari Ciamis. Waktu dia masih seorang pelajar, dia juga sudah mulai berjualan. Dan yang dia jual itu adalah “Cilok Goang”. Dari pengalaman dia, peminat yang ingin membeli cilok goang ini sangat banyak. Karena aneh dan cita rasanya yang sangat khas. Kami pun penasran dengan makanan tersebut dan berfikir mungkin kalau kita mencoba menjualnya di Jogja bisa menundang banyak peminat juga. Itulah asal ide usaha yang kami buat.
3.2  Visi misi
·         Visi
Memperkenalkan kepada masyarakat luas makanan daerah yang berasal dari Ciamis.
·         Misi
1.      Terus berinovasi dalam mengembangkan usaha kuliner daerah
2.      Membangun ide-ide kreatif untuk membuat berbagai macam kuliner
3.3  Rencana tanggal buka usaha
Usaha ini rencananya akan dibuka dalam waktu dekat ini pada tanggal 1 Mei 2018.




BAB IV
 IDENTIFIKASI USAHA
4.1  Profil & Pemilik usaha
Nama usaha : CIGO
Pemilik usaha: annissa, teguh, arga, kahfi dan rendy
Tempat usaha : dipinggir jalan

4.2  Perijinan
Belum mendapatkan ijin resmi

4.3  Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha ini umum atau untuk masyarakat luas. Niatnya kami akan berjualan secara nomaden atau tidak disatu tempat saja. Seperti disunmor, event-event kuliner, disekitar rumah kost dan daerah-daerah disekitar kampus.

















BAB V
ANALISIS USAHA
5.1  Analisis Usaha
Memutuskan untuk memulai usaha memang tidak mudah. Berbagai alasanpun sering dijadikan sebagai penghalang seseorang untuk memulai usaha. Beberapa alasan yang sering digunakan antara lain tidak memiliki modal, tidak memiliki keahlian, atau tidak memiliki waktu luang yang cukup.
Padahal banyak peluang usaha yang bisa dijalankan dengan mudah dan murah, di sela-sela kesibukan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah menjual makanan cemilan. Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan, dan modalnya pun kecil.
5.2  Modal Usaha
Modal awal usaha Rp 50.000,00
5.3  Kelebihan & Keunggulan produk
-          Memiliki cita rasa khas
-          Hangat pas disajikan
-          Murah
-          Beda dengan yang lain













BAB VI
RENCANA PRODUKSI
6.1  Target produksi
Untuk target kita ingin menjual lebih dari 250-500 cilok.
6.2  Bahan baku & penggunaannya
6.2.1        Bahan Baku
-          125 gram tepung terigu
-          250 gram tepung tapioka
-          ¼ kg ceker ayam
-          3 siung bawang putih
-          6 ruas jari kencur
-          10 buah cabai rawit
-          2 sdm garam
-          1 bks kaldu bubuk
-          1 btg daun bawang
-          Air secukupnya
6.2.2        Penggunaannya
-          Rebus ceker ayam hingga matang, tiriskan lalu air kaldu bekas rebusan jangan dibuang.
-          Campur terigu, tepung kanji, garam, sedikit kaldu bubuk, lalu ayak.
-          Haluskan bawang putih dan kencur, kemudian campurkan ke adonan cilok. Beri air sedikit demi sedikit sambal diaduk menggunakan tangan sampai kalis.
-          Setelah kalis, bentuk bulat pipih, lalu bulatkan. Ulangi adonan sampai habis.
-          Rebus cilok dengan air biasa, sampai mengambang dan matang. Lalu tiriskan.
-          Sementara cilok direbus, haluskna cabai merah dan rawit. Juga iris tipis daun bawang.
-          Tumis cabai yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, lalu tuang air kaldu secukupnya, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, aduk sebentar dan tunggu sampai mendidih. Masak dengan api sedang.
-          Masukan ceker ayam dan cilok. Tunggu beberapa menit sampai air agak mengental dan surut.
-          Sajikan selagi hangat dan taburkan daun bawang.


























BAB VII
RENCANA PERMODALAN
7.1  Penjelasan Estimasi modal usaha
o   Peralatan
no
peralatan
jumlah
1.
Kompor
1
2.
Gas
1
3.
Panci
1
4.
penggorengan
1

o   Bahan Baku
no
Bahan baku
harga
1.
Tepung tapioca
-
2.
Tepung terigu
-
3.
Ceker ayam
-
4.
Bawang putih
-
5.
kencur
-
6.
Cabai rawit
-
7.
garam
-
8.
Kaldu bubuk
-
9.
Daun bawang
-
Jumlah
Rp 50.000,00

Modal awal usaha Rp 50.000,00

7.2  Penjelasan Estimasi penjualan
Harga pokok keseluruhan Rp 50.000,00
Harga pokok : unit
50.000 : 250 = Rp 200,00
7.3  Estimasi keuntungan
Pendapatan ( 200x500 ) = Rp 100.000,00
Biaya bahan baku Rp 50.000,00
Laba Bersih Rp 50.000,00





















BAB VIII
RENCANA PEMASARAN
8.1  Pemilihan nama & merek
Nama usaha ini adalah “CIGO” yang merupakan singkatan dari Cilok Goang. CIGO termasuk kedalam jenis usaha kuliner. Cilok Goang ini berisikan bahan-bahan yang telah dimasak sebelumnya yaitu tepung tapioca, tepung terigu, bawang putih, cabai rawit, garam, bumbu penyedap, dan ceker ayam.

8.2  Pembentukan harga  & segmentasi
Cilok Goang ini dijual dengan harga 2.00,-/cilok. Penentuan harga ini dengan pertimbangan bahwa sassaran utama produk ini adalah mahasiswa dan masyarakat luas, sehingga harga jualnya yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan.

8.3  Lokasi tempat usaha
Lokasi yang direncanakan untuk memasarkan CIGO ini yaitu didaerah sekitar kawasan kampus dan sunmor.
8.4  Promosi
Promosi yang dilakukan yaitu dengan menjajakan langsung kepada para konsumen yang berada dikampus dan tempat lainnya.










BAB IX
Analisis SWOT
8.5  Strength ( kekuatan )
§  Kualitas produk yang terjamin
§  Proses pembuatan yang mudah
§  Harga yang terjangkau
§  Asli 100% olahan sendiri
§  Praktis untuk dimakan
8.6   kelemahan )
§  Masih sangat pemula
§  Masih belajar untuk mengolahnya
§  Pemasaran yang belum luas
8.7  Opportunity ( Peluang )
§  Budaya masyarakat sekarang yang konsumtif
§  Cocok untuk semua kalangan
§  Praktis dan tidak ribet
8.8  Threat ( Ancaman )
§  Banyaknya pesaing yang sudah jualan cilok
§  Munculnya pesaing baru
§  Selera konsumen yang kadang tidak terduga








BAB X
KESIMPULAN
Dalam pembuatan perencanaan bisnis harus memperhatikan hal-hal penting. Dengan penuh kerja keras, keinginan untuk maju, dan kedisiplinan maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Usaha ini bisa menjadi kerja sampingan yang menguntungkan ataupun untuk dijadikan penghasilan utama yang menjanjikan.


Komentar

  1. Emperor Casino Online | Play with £10 Bonus
    Emperor Casino is a casino offering a wide range of free slot and video poker games, 카지노 from 온카지노 classic Texas Hold'em to the 제왕카지노 latest progressive jackpots and

    BalasHapus

Posting Komentar