CIGO ( CIlok Goang) new cilok
PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
PENJUALAN
CILOK GOANG
DIAJUKAN
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
KEWIRAUSAHAAN
DISUSUN
OLEH :
Annissa Fatmawati
Sarip ( 3163311018 )
M. Kahfi
Fathurrizqi ( 3163311011)
Rendi Arya
Darmatama ( 3163311010)
Arga Trilaksono
Ardi ( 3163311041 )
Teguh Virgiawan
Bimantara ( 3163311015 )
D3 BAHASA JEPANG
FAKULTAS HUMANIORA
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
Jl.
Prof. Dr. Soepomo, SH. No.21 Telp. (0274) 379204 Yogyakarta 55165
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya kepada kita semua dan pada kami khususnya sehingga dapat
menyelesaikan tugas proposal ini.
Tugas ini dapat terlaksana Karena adanya dukungan baik material maupun
spiritual dari semua pihak yang telah membantu kelancaran tugas ini. Oleh
Karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah
membantu menyelesaikan tugas ini. Dan kepada bapak dosen mata kuliah
kewirausahaan, di Jurusan D3 Bahasa jepang, Fakultas Humaniora, Universitas
Teknologi Yogyakarta tidak lupa kami berterima kasih.
Besar harapan agar proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk
dijadikan pertimbangan dan koreksi selanjutnya. Apabila dalam penyusunan
proposal ini terdapat kesalahan maupun kerancuan baik dalam bahasa maupun
tulisan kami, kami meminta maaf. Kritik dan saran yang membangun dari pembaca
akan sangat kami nantikan yang nantinya akan berguna dan sebagai motivasi bagi
kami untuk kedepannya agar lebih baik lagi . Terima kasih.
Yogyakarta, 25 April 2018
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………….. 1
Daftar Isi ……………………………………………………………………….2
BAB I Pendahuluan ……………………………………………………………4
1.1 Latar
belakang pemilihan jenis usaha………………………………4
1.2 Konsep
bisnis……………………………………………………….4
BAB II Deskripsi
Usaha ……………………………………………………….5
2.1 Ukuran,
Kelas, Klasifikasi, Jenis usaha ……………………………5
2.2 Prospek
usaha ……………………………………………………...5
BAB III RENCANA
BISNIS ………………………………………………….6
3.1 Ide
Usaha …………………………………………………… …….6
3.2 Visi
misi ……………………………………………………………6
3.3 Rencana
tanggal buka usaha …………………………………….…6
BAB IV IDENTIFIKASI
USAHA …………………………………………….7
4.1 Profil
& Pemilik usaha …………………………………………..…7
4.2 Perijinan …………………………………………………………….7
4.3 Ruang
Lingkup Usaha ……………………………………………...7
BAB V ANALISI
USAHA …………………………………………………….8
5.1 Analisis
Usaha ……………………………………………………...8
5.2 Modal
Usaha ………………………………………………………..8
5.3 Kelebihan
& Keunggulan produk …………………………………..8
BAB VI RENCANA
PRODUKSI………………………………………………9
6.1 Target
produksi ………………………………………………..……9
6.2 Bahan
baku & penggunaannya …………………………… …… …9
BAB VII RENCANA
PERMODALAN ………………………………………11
7.1 Penjelasan
Estimasi modal usaha ………………………………….11
7.2 Penjelasan
Estimasi penjualan …………….………………………12
7.3 Estimasi
keuntungan ………………………………………………12
BAB VIII RENCANA
PEMASARAN ……………………………………….13
8.1 Pemilihan
nama & merek ……………………………………….13
8.2 Pembentukan
harga & segmentasi ……………………………...13
8.3 Lokasi
tempat usaha …………………………………………......13
8.4 Promosi
………………………………………………………….13
BAB IX Analisis
SWOT ……………………………………………………14
BAB X KESIMPULAN
…………………………………………………….15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Pemilihan Jenis Usaha
Semakin menjalarnya dunia kuliner yang beragam di
Indonesia, mulai dari makanan khas sunda, makanan khas tegal dan lain
sebagainya. Kami ingin memperkenalkan makanan yang berasal dari Ciamis, Jawa
Barat. Meskipun dijual di kota lain, tapi cita rasa dari makanan ini tetap khas
dan membuat banyak konsumen ketagihan. Berawal dari salah satu anggota yang
dulunya pernah berjualan makanan ini juga, kami ingin memperkenalkannya lebih
luas lagi. Makanan ini adalah “Cilok Goang”. Cilok goang sendiri adalah makanan
tradisional masyarakat Jawa Barat. Cilok goang yang akan kita jual berbeda dari
cilok yang kini banyak dijual di pasaran. Cita rasa kuahnya yang khas dan juga
kental serta aroma khas dari kenduri adalah yang akan menjadi nilai tambah dari
makanan ini.
1.2 Konsep
Bisnis
Konsep dari bisnis ini sendiri adalah
membuat konsumen puas dengan cita rasa khas yang ada di makanan yang kami buat.
Setiap cilok yang akan dijual sebelumnya dimasak terlebih dahulu, lalu
dipersiapkan untuk dijual. Tapi agar cilok tetap dalam kondisi hangat, jadi
kami memisahkan antara bumbu dan ciloknya sendiri. Supaya konsumen pun bisa
menikmati cilok nikmat dan puas.
BAB II
DESKRIPSI
USAHA
2.1 Ukuran,
Kelas, Klasifikasi, Jenis usaha
·
Ukuran : untuk ukuran dari produk
kami, sama seperti ukuran cilok pada umumnya. Berbntuk bulat dan ukurannya
kecil.
·
Kelas : pemula
·
Klasifikasi : makanan
·
Jenis usaha : kuliner
2.2 Prospek
usaha
Ingin
menciptakan cita rasa yang khas yang selalu diingat
banyak orang, itu tujuan utama usaha kami. Untuk kedepannya kami tidak
mengharapkan lebih untuk usaha kami. Setidaknya, dengan diterimanya makanan
yang kami buat dan para konsumen merasa puas, maka tujuan utama dari prospek
usaha kami telah tercapai. Karena kami benar-benar ingin menyajikan cita rasa
yang khas bagi para konsumen.
BAB III
RENCANA BISNIS
3.1 Ide
Usaha
Ide usaha ini
bermuncul dari salah satu teman kami yang dulunya pernah tinggal di Ciamis,
Jawa Barat. Dia mencetuskan untuk membuat usaha kuliner yang berasal dari
Ciamis. Makanan yang dia cetuskan pertama kali memang terdengar aneh. Karena di
Jogja sendiri, memang sudah banyak orang berjualan cilok. Tapi, cilok yang
biasa saja tidak ada kreasi apapun. Dan rasanya hanya monoton tidak mempunyai
ciri khas yang lebih. Sebelumnya, teman saya ini juga sudah memulai usaha
kecil-kecilan seperti berjualan “Beledag”. Beledag ini juga makanan daerah dari
Ciamis. Waktu dia masih seorang pelajar, dia juga sudah mulai berjualan. Dan
yang dia jual itu adalah “Cilok Goang”. Dari pengalaman dia, peminat yang ingin
membeli cilok goang ini sangat banyak. Karena aneh dan cita rasanya yang sangat
khas. Kami pun penasran dengan makanan tersebut dan berfikir mungkin kalau kita
mencoba menjualnya di Jogja bisa menundang banyak peminat juga. Itulah asal ide
usaha yang kami buat.
3.2 Visi
misi
·
Visi
Memperkenalkan
kepada masyarakat luas makanan daerah yang berasal dari Ciamis.
·
Misi
1. Terus berinovasi dalam mengembangkan usaha kuliner
daerah
2. Membangun ide-ide kreatif untuk membuat berbagai macam
kuliner
3.3 Rencana
tanggal buka usaha
Usaha ini rencananya akan dibuka dalam waktu dekat ini
pada tanggal 1 Mei 2018.
BAB IV
IDENTIFIKASI USAHA
4.1 Profil
& Pemilik usaha
Nama usaha : CIGO
Pemilik usaha: annissa, teguh, arga, kahfi dan rendy
Tempat usaha : dipinggir jalan
4.2 Perijinan
Belum mendapatkan ijin resmi
4.3 Ruang
Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha ini umum atau untuk masyarakat
luas. Niatnya kami akan berjualan secara nomaden atau tidak disatu tempat saja.
Seperti disunmor, event-event kuliner, disekitar rumah kost dan daerah-daerah
disekitar kampus.
BAB V
ANALISIS
USAHA
5.1 Analisis
Usaha
Memutuskan untuk memulai usaha memang tidak mudah.
Berbagai alasanpun sering dijadikan sebagai penghalang seseorang untuk memulai
usaha. Beberapa alasan yang sering digunakan antara lain tidak memiliki modal,
tidak memiliki keahlian, atau tidak memiliki waktu luang yang cukup.
Padahal banyak peluang usaha yang bisa dijalankan
dengan mudah dan murah, di sela-sela kesibukan sehari-hari. Salah satu
contohnya adalah menjual makanan cemilan. Bisnis ini sangat mudah untuk
dijalankan, dan modalnya pun kecil.
5.2 Modal
Usaha
Modal awal usaha Rp 50.000,00
5.3 Kelebihan
& Keunggulan produk
-
Memiliki cita rasa
khas
-
Hangat pas
disajikan
-
Murah
-
Beda dengan yang
lain
BAB VI
RENCANA PRODUKSI
6.1 Target
produksi
Untuk target kita
ingin menjual lebih dari 250-500 cilok.
6.2 Bahan
baku & penggunaannya
6.2.1
Bahan Baku
-
125 gram tepung
terigu
-
250 gram tepung
tapioka
-
¼ kg ceker ayam
-
3 siung bawang
putih
-
6 ruas jari kencur
-
10 buah cabai rawit
-
2 sdm garam
-
1 bks kaldu bubuk
-
1 btg daun bawang
-
Air secukupnya
6.2.2
Penggunaannya
-
Rebus ceker ayam
hingga matang, tiriskan lalu air kaldu bekas rebusan jangan dibuang.
-
Campur terigu,
tepung kanji, garam, sedikit kaldu bubuk, lalu ayak.
-
Haluskan bawang putih
dan kencur, kemudian campurkan ke adonan cilok. Beri air sedikit demi sedikit
sambal diaduk menggunakan tangan sampai kalis.
-
Setelah kalis,
bentuk bulat pipih, lalu bulatkan. Ulangi adonan sampai habis.
-
Rebus cilok dengan
air biasa, sampai mengambang dan matang. Lalu tiriskan.
-
Sementara cilok
direbus, haluskna cabai merah dan rawit. Juga iris tipis daun bawang.
-
Tumis cabai yang
sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, lalu tuang air kaldu secukupnya,
tambahkan kaldu bubuk secukupnya, aduk sebentar dan tunggu sampai mendidih.
Masak dengan api sedang.
-
Masukan ceker ayam
dan cilok. Tunggu beberapa menit sampai air agak mengental dan surut.
-
Sajikan selagi
hangat dan taburkan daun bawang.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
7.1 Penjelasan
Estimasi modal usaha
o
Peralatan
no
|
peralatan
|
jumlah
|
1.
|
Kompor
|
1
|
2.
|
Gas
|
1
|
3.
|
Panci
|
1
|
4.
|
penggorengan
|
1
|
o
Bahan Baku
no
|
Bahan baku
|
harga
|
1.
|
Tepung tapioca
|
-
|
2.
|
Tepung terigu
|
-
|
3.
|
Ceker ayam
|
-
|
4.
|
Bawang putih
|
-
|
5.
|
kencur
|
-
|
6.
|
Cabai rawit
|
-
|
7.
|
garam
|
-
|
8.
|
Kaldu bubuk
|
-
|
9.
|
Daun bawang
|
-
|
Jumlah
|
Rp 50.000,00
|
Modal awal usaha Rp 50.000,00
7.2 Penjelasan
Estimasi penjualan
Harga pokok
keseluruhan Rp 50.000,00
Harga pokok : unit
50.000 : 250 = Rp
200,00
7.3 Estimasi
keuntungan
Pendapatan (
200x500 ) = Rp 100.000,00
Biaya bahan baku
Rp 50.000,00
Laba Bersih Rp
50.000,00
BAB VIII
RENCANA PEMASARAN
8.1 Pemilihan
nama & merek
Nama usaha ini adalah “CIGO” yang merupakan singkatan
dari Cilok Goang. CIGO termasuk kedalam jenis usaha kuliner. Cilok Goang ini
berisikan bahan-bahan yang telah dimasak sebelumnya yaitu tepung tapioca,
tepung terigu, bawang putih, cabai rawit, garam, bumbu penyedap, dan ceker
ayam.
8.2 Pembentukan
harga & segmentasi
Cilok Goang ini dijual dengan harga 2.00,-/cilok.
Penentuan harga ini dengan pertimbangan bahwa sassaran utama produk ini adalah
mahasiswa dan masyarakat luas, sehingga harga jualnya yang tidak terlalu tinggi
akan membantu memperlancar proses penjualan.
8.3 Lokasi
tempat usaha
Lokasi yang direncanakan untuk memasarkan CIGO ini
yaitu didaerah sekitar kawasan kampus dan sunmor.
8.4 Promosi
Promosi yang dilakukan yaitu dengan
menjajakan langsung kepada para konsumen yang berada dikampus dan tempat
lainnya.
BAB IX
Analisis SWOT
8.5 Strength
( kekuatan )
§ Kualitas produk yang terjamin
§ Proses pembuatan yang mudah
§ Harga yang terjangkau
§ Asli 100% olahan sendiri
§ Praktis untuk dimakan
8.6 kelemahan )
§ Masih sangat pemula
§ Masih belajar untuk mengolahnya
§ Pemasaran yang belum luas
8.7 Opportunity
( Peluang )
§ Budaya masyarakat sekarang yang konsumtif
§ Cocok untuk semua kalangan
§ Praktis dan tidak ribet
8.8 Threat
( Ancaman )
§ Banyaknya pesaing yang sudah jualan cilok
§ Munculnya pesaing baru
§ Selera konsumen yang kadang tidak terduga
BAB X
KESIMPULAN
Dalam pembuatan perencanaan bisnis harus memperhatikan
hal-hal penting. Dengan penuh kerja keras, keinginan untuk maju, dan
kedisiplinan maka hasilnya tidak akan mengecewakan. Usaha ini bisa menjadi
kerja sampingan yang menguntungkan ataupun untuk dijadikan penghasilan utama
yang menjanjikan.
Emperor Casino Online | Play with £10 Bonus
BalasHapusEmperor Casino is a casino offering a wide range of free slot and video poker games, 카지노 from 온카지노 classic Texas Hold'em to the 제왕카지노 latest progressive jackpots and